[resensi novel] Love Puzzle; Siapa kamu?


Judul buku             : Love Puzzle
Penulis                     : Eva Sri Rahayu
Penerbit                   : Noura Books
Terbit                        : November, 2013
Tebal buku             : 28 6hlm
ISBN                          : 978-602-1606-04-9


Novel yang baru gue beli dan langsung gue baca karena novel ini masih hangat, baru keluar dari oven penerbit. Gue suka suka covernya yang dominan warna abu-abu, terlihat sangatn sederhana dan menenangkan.

Berkisah tentang seorang gadis bernama Rasi yang bertemu dengan si kembar, Alexander dan Iskandar. Di awal-awal pertemuan, Rasi tidak tahu kalau Raja yang ia temui pertama kali di atap BIM, punya saudara kembar. Pantas beberapa kali pertemuannya dengan Alex seperti pertemuan dengan orang asing. Namun akhirnya ia menyadari dari berbagai puzzle keanehan yang ia temui. Lalu tugasnya kemudian adalah mengembalikan identitas Alex yang dibawa mati oleh Iskandar.

Membayangkan kalau identitas kita mati ternyata lumayan mengacaukan psikologi. Kehidupan yang seharusnya apa adanya menjadi tidak sempurna karena akting atas sebuah identitas yang bukan milik kita. Novel ini secara tidak langsung mengajarkan untuk jadi diri sendiri sebab identitas kita jauh lebih berharga dari apapun.

Pesan lainnya tentang persahabatan. Ini disisipkan pada kisah antara Rasi dan Ayara. Persahabatan yang seharusnya dibina dengan dasar saling menghormati akan menimbulkan satu kepercayaan. Tapi persahabatan Rasi dan Ayara tidak melulu bahagia. Ketika mereka sadar kalau selama ini menyukai orang yang sama, rasa egois muncul mengemuka. Mereka merasa perlu memiliki apa yang mereka ingin miliki.
Kurang lebih begitu ceritanya. Lengkapnya silakan buat membeli dan menilainya sendiri.

Novel ini sangat remaja. Bahasanya pun santun dan tidak terlalu banyak kekasaran. Bicara emosi, ini yang gue garis bawahi. Puzzle – puzzle yang ada sempat membuat gue penasaran. Namun setelah agak jauh membaca novelnya, bisa ketebak juga. Sehingga emosi disini tidak tergali. Sayang banget.

Emosi yang paling menyentuh tapi tidak membuat gue melelehkan airmata adalah saat Rasi dan ayah Alex menyadarkan ibunya Alex tentang siapa Iskandar sekarang. Uh, lumayan menyesakkan.

Pokoknya seru..


Cek Trailer-nya disini :





Share:

2 komentar:

  1. "Emosi yang paling menyentuh tapi tidak membuat gue melelehkan airmata adalah saat Rasi dan ayah Alex menyadarkan ibunya Alex tentang siapa Iskandar sekarang"
    --> di bagian ini aku justru ngerasa Rasi kok terkesan menggurui ibunya Alex ya, apalagi mereka sebelumnya gak saling kenal :))

    BalasHapus