[resensi novel] Tentang Dia



Judul buku              : Tentang Dia (Adaptasi film)
Penulis                      : Moammar Emka
Penerbit                   : Gagasmedia
Terbit                        : Februari 2005
Tebal buku              : xii+130 hlm
ISBN                          : 979-3600-54-3

Move On – pesan yang gue tangkap dari cerita novel Tentang Dia. Bagaimana Gadis mencoba mencari arti bahagia  setelah mengalami kegagalan dalam kisah cintanya. Bertemu dengan Rudi, ia menemukan apa yang dicarinya. Meski sempat ada salah paham yang membuat hubungannya dengan Rudi sempat menegang dan keduanya saling menjauh. Takdir ternyata menjawab hubungan keduanya dengan sempurna.

Cerita Tentang Dia ini sebelumnya adalah salah satu judul dari kumpulan cerita pendek  ‘Arrrgh’ karya Mbak Melly Goeslaw . Buku debut Mbak Melly ini belum pernah gue baca. Dulu sempat pengen beli, namun terbentur belum punya penghasilan sendiri, jadi enggak terwujud. Giliran sekarang pengen beli, buku sudah enggak ada stock di semua toko buku. Dan gue sempat mengintip www.goodreads.com mengenai buku ini, rata-rata komentarnya mengatakan tidak bagus. Hemm, sayang banget gue belum pernah baca.

Tidak berapa lama, Tentang Dia diangkat menjadi film layar lebar pada tahun 2005 yang dibintangi Sigi Wimala, Adini Wirasti dan Fauzi Baadila. Yang duduk di kursi sutradara adalah Rudi Soejarwo. Dan film ini masuk beberapa nominasi untuk beberapa penghargaan film.

Setelah filmnya dirilis, Moammar mengadaptasi filmnya menjadi novel. Akhirnya novel dari film favorit gue bisa gue baca. Seneng rasanya.

Karena novel ini adaptasi dari filmnya, ceritanya mirip sekali dengan filmnya. Kalau pun ada tambahan yang beda, itu tidak terlalu menyimpang dari filmnya. Flotnya terbilang cepat mengikuti scane filmnya dan tidak terlalu banyak kalimat deskripsi. Dengan flot begini, gue pribadi lebih mudah mencerna dan membayangkan setiap scane-scane ceritanya. Dan gue bener-bener suka sama novel ini.

Dan ternyata novel format buku kecil dan enggak tebal begini lebih bisa gue nikmatin daripada novel-novel baru saat ini yang seperti buku tulis dan tebalnya berratus-ratus halaman.

Gue cerita sedikit soal kenapa gue bisa sangat suka novel ini. Sebenarnya gue tuh selama ini sudah mencari-cari film Tentang Dia, tapi karena film ini udah lama rilis, gue enggak dapat-dapat. Filmnya begitu indah dan drama abis. Temanya sederhana tapi dikemas dengan begitu afik. Keren.

Akhirnya pas lihat novel ini di lapak jualan buku bekas di kota Cirebon, kota tempat gue tinggal, enggak pakai mikir lagi, gue langsung beli dan harganya murah banget, Cuma Rp 5000,-

Novel Tentang Dia, keren.







Share:

2 komentar:

  1. Halo. Kunjungan balik dari kandangbaca.blogspot.com :)
    Tentang buku ini... kalau melihat cover-nya, ceritanya berhubungan dengan glbt, bukan? cmiiw.

    BalasHapus
  2. Iya, nti saya mampir. Buku ini covernya menipu. memang ada salah paham. Gadis mengira Rudi menyukainya sebagai lesbi, padahal hanya sebatas menganggap adik, ganti adiknya yang meninggal.
    Terima kasih sudah mampir

    BalasHapus