[resensi novel] Sunshine Becomes You; itu laguku



Judul buku                 : Sunshine Becomes You
Penulis                       : Ilana Tan
Penerbit                     : Gramedia
Terbit                          : November 2013 (cetakan kedelapan)
Tebal buku                 : 432 hlm
ISBN                           : 978-979-22-7813-2

Setelah melukai jari Alex Hirano dan membuat pianis ini tidak bisa menggelar konsernya, Mia Clark merasa sangat bersalah dan ia pun menawarkan diri membantu Alex apa saja untuk menggantikan tangannya yang tidak bisa digunakan. Alex yang merasa Mia adalah malaikat kegelapan yang bisa kapan saja mematahkan tangan atau kakinya yang lain dengan kesal menerima pertolongan itu. Ada kekakuan antara Alex dan Mia.

Tugasnya Mia adalah menjadi pesuruh Alex di apartemennya. Mulai dari membuat kopi, memasak hingga membersihkan semua sudut apartemennya, dilakukan Mia untuk menebus kecelakaan itu. Tugas barunya ini membuat Mia jarang bertemu dengan Ray, adik Alex, yang juga sibuk dengan b-boy-nya yang suka tampil di beberapa kota. Jadwal mengajar tari pun Mia kurangi untuk bisa memenuhi tugas ini.

Perlahan-lahan, Alex merasa Mia bukan lagi pesuruhnya. Entah harus menyebutnya apa, tapi ketidakberadaan Mia di apartemennya membuat Alex uring-uringan. Kopi selalu menjadi alasan buat Alex untuk bisa bersama Mia.

Selain Alex, Ray adikknya sudah lebih dulu menyukai Mia. Namun semua perhatian yang ia curahkan untuk gadis itu hanya mendapatkan tanggapan yang sama dengan tanggapan Mia pada pria lain. Ray memutuskan untuk menunggu waktu yang tepat dimana ia bisa bicara terus terang akan perasaannya selama ini.

Sebelum menghadiri pesta merangkap konferensi pers Dee Black Dance Company sebelum kelompok tari yang terkenal di Amerika ini mengadakan konsernya, rahasia Mia terbongkar. Dan berkat rahasia ini, hubungan Mia dan Alex makin dekat. Lalu apa rahasia Mia? Silakan baca sendiri novelnya.

Perkenalan gue dengan penulis Ilana Tan ini berkesan sangat baik berkat Sunshine Becomes You. Gue merasa novel ini novel yang ada dijajaran novel terbaik yang pernah gue baca. Ilana Tan mampu mengemas kisah apik percintaan Alex sang pianis dan Mia sang penari dengan sangat dramatis dan menggugah. Terus terang sudah lama gue enggak membaca novel yang membuat gue sangat fokus dan merasa bangga membacanya. Shinse Becomes You ini sangat brilian.

Flot yang dibuat tidak kacangan meski adegan yang ada adalah kegiatan standar. Termasuk membuatkan kopi, membawa pot-pot ke apartemen pria dan masih banyak lagi hal romantis yang bisa dicontek dalam novel ini. Semua berkat kemahiran Ilana Tan merangkai kata hingga sangat enak dinikmati. Begitu runut dan teratur.

Sudut pandang ketiga yang dipakai Ilana Tan tidak membuat gue pusing membaca setiap paragrafnya. Gue bisa mengikuti dengan tanpa ada masalah. Juga typo yang sangat minim tidak mengganggu keasyikan gue membacanya.

Tokoh favorit gue tentu saja Alex Hirano. Karakternya yang gentlemen, perhatian, fokus dan baik membuatnya sangat disukai banyak orang termasuk oleh pasangan Paolo dan Elenaor. Karakter ini yang patut ditiru oleh pria-pria masa kini.

Dalam novel ini banyak sekali pesan yang disisipkan Ilana Tan termasuk untuk bisa mengatakan rasa sayang kepada orang yang kita sukai sebelum semuanya sangat terlambat. Sebab perasaan yang dipendam akan menyiksa diri sendiri.

Keindahan novel ini bukan sebatas pada jalinan ceritanya semata, tapi cover-nya pun membuat gue sangat menyukainya. Cerah dan sangat lembut. Meski gara-gara cover yang girly ini gue sempat menunda beberapa kali untuk memilikinya, namun sekarang gue tidak menyesal telah membelinya meski dengan diskon 20% dari Gramedia Grage Mall.


Lalu kesan gue setelah membaca novel ini, Sunshine Becomes You akan jadi pemandu novel yang ingin gue buat.
Share:

1 komentar:

  1. Kalau aku, aku dapat novel ini dari hadiah Resensi Pilihan Gramedia. Nggak kuat beli novel ini. Hahahaha.... Terima kasih sudah berkunjung ke blog aku

    BalasHapus