#39 RESNOV

Superhero Supermellow
@deanmedi & @gendukgendis
Gramedia
Februari 2014
200 hlm
978-602-03-0209-6

Bercerita soal Jay, Melow dan dunia wartawan yang mereka berdua geluti. Ada banyak informasi dan kasus yang dijadikan plot dalam novel ini. Salah satunya persoalan korupsi alat kesehatan, gaya gubernur DKI Jakarta yang doyan blusukan juga banjir yang melanda Jakarta. Benar-benar mengupas bagaimana wartawan melakukan wawancara dengan narasumber dan tingkah konyolnya.

Jay dan Melow bersaudara?? Di awal membaca novel duet antara @deanmedi dan @gendukgendis gue tidak menduga dengan fakta ini. Sebab utamanya karena gue enggak baca buku pertamanya yang Diktator Galau, jadi pas baca ke dalamnya juga rada sedikit bolong-bolong informasi. Buku ini harusnya dibaca setelah membaca buku pertamanya walaupun informasi di buku pertama tidak begitu vital untuk kelengkapan informasi novel kedua ini.

Gue enggak tahu selera humor gue yang beda atau bukunya yang emang lucunya nanggung? Tapi jujur, gue enggak bisa ketawa ngakak pas baca bukunya walaupun ada beberapa adegan lucu yang bikin gue menarik bibir ke atas dikit. Emang selera humor gue yang hilang kali.

Begitu melihat cover novelnya, gue yakin ini bakal lucu dan masuk dalam kategori bacaan ringan. Setidaknya bisa bikin otak fresh-lah setelah membacanya. Namun sayang banget, gue enggak dapetin itu. Bahasanya ringan, hanya strukturnya itu yang kadang harus gue baca dua kali. SPOK-nya engak bisa dipahami sekaligus. Gaya bahasa begini biasanya digunakan untuk bacaan ringan dan bahkan super ringan. Tapi konteks dunia jurnalis yang dipakai, bikin otak jadi mumet. Jadi karena sangat tidak mengikuti pakem bahasa, gue yang baca malah pusing.

Walaupun pusing bacanya, ada pesan yang tersirat jelas di novel ini. Salah satunye memperlakukan keluarga dengan sayang. Enggak memandang ibu tiri atau sodara tiri. Kalau keluarga, ya keluarga, tidak ada batas. Dan penting juga untuk menghargai keinginan orang tua. Seperti tekad Jay yang akan selalu membanggakan papinya meski papinya tidak pernah ada buat Jay karena kesibukannya sebagai juragan restoran.

O ya, novel ini jadi novel pertama yang dimasukan ke #ReadingTrip. Dan untuk hal menarik yang sudah dibahas di #ReadingTrip, gue kira tidak perlu diulang disini. Biarlah ke depannya resensi novel dari gue enggak panjang-panjang. Bacanya juga pusing kalau panjang banget. Apalagi kalau harus spoiler. Beuh….
Share:

0 komentar:

Posting Komentar