Berjuta Rasanya - Tere Liye

Berjuta Rasanya
Tere Liye
Mahaka Publishing
Juli 2012 (cetakan ketiga)
vi+205 hlm
978-602-9474-03-9
Kafe para Pecinta (kalimat terakhir buku, hal.204)

Gue tidak pernah meragukan kemampuan seorang Tere Liye dalam meramu kisah sederhana menjadi luar biasa. Novel-novel sebelumnya pun pernah membuat gue merenung cukup lama dengan pesan yang dikandungnya. Contoh yang baru selesai dibaca ulang adalah novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin (DYJTPMA). Selalu karyanya dipenuhi pesan yang manusiawi. Dan untuk buku Kumpulan Cerpen  ini pun sama, membuat gue memikirkan ulang makna cinta dan perasaan. 

Berjuta Rasanya dibagi menjadi 15 bab. Semua bab mengambil benang merah; rasa cinta. Balutan kisah pilu, senang, lucu dan mengharukan menambah kuat ke-Tere Liye-an di buku ini.

Ide yang dipakai penulis selalu memberikan kejutan tidak terduga. Siapa yang akan memikirkan kalau kata cantik merujuk pada gelambir lemak dan puluhan jerawat (cerita 1; Bila Semua Wanita Cantik) Tapi penulis mampu membawa kisah ini menjadi menarik dengan bantuan takdir dan doa. Teknologi canggih juga bisa membuat cinta setawar air danau. Memudahkan percintaan bahkan pernikahan (cerita 4; Cintanometer, cerita 9; Love vers 7.0 & Married vers. 9.0)

Cerita favorit gue adalah:


  • Kupu-kupu Monarch (cerita 10) yang menggaungkan pesan arti cinta sejati. Gue hampir menangis membaca kisah ini.
  • Jonu dan Doni (cerita 11) yang mengingatkan kita untuk memiliki teman dan memelihara pertemanan.

Keseluruhan cerita mengatakan hal serupa. Cinta. Dan semua pemahaman cinta ini dikembalikan kepada pembaca setelah membaca tuntas bab yang ditawarkan Berjuta Rasanya.

Buku ini bertambah menarik dengan cover-nya yang sederhana. Tampilan pohon yang rindang dengan daun berbentuk hati warna warni menegaskan kesan tentang isi di dalamnya.Yang kurang setuju adalah font judulnya. Menurut gue kurang cocok dengan pohon cintanya. Seharusnya menggunakan font yang tidak bergelombang. Untuk pemilihan warna judul sudah sangat pas, serasi. 

Buku ini sangat cocok untuk mereka yang ingin mendalami cinta.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar