SANG DEWI - MOAMMAR EMKA

diunduh dari www.gagasmedia.net
SANG DEWI
MOAMMAR EMKA
GAGAS MEDIA

Menyelesaikan cerita Sang Dewi memberikan kesan tersendiri. Ini kali kedua gue membaca novel adaptasi film. Pertama kalinya gue membaca novel Tentang Dia. Dan jodoh kali ini masih karya orang yang sama, Moammar Emka. Yang gue maksud kesan tersendiri adalah gue menyukai jalan cerita yang nggak bertele-tele dan ribet. Plotnya teratur dan tepat setiap perpindahannya. Tapi ada sedikit perbedaan membaca novel ini, yaitu scane-nya yang tidak terlalu tergambar karena gue sendiri belum menonton filmnya. Filmnya sendiri dirilis tahun 2007. Info film, klik disini.

Secara garis besar Sang Dewi mengisahkan sosok Beno yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih di sasana tempat Aliang latihan. Beno memiliki mimpi menjadi petinju. Tapi kondisinya yang bisu, mimpinya menjadi cemoohan pelatih dan petinju lainnya.

Selain mengenal Aliang, Beno juga berteman baik dengan Jessie. Mereka bertiga bersahabat dekat. Lalu suatu hari Beno bertemu dengan Laras yang saat itu hendak bunuh diri. Kehadiran Laras yang seorang pelacur menjadi konflik untuk persahabatan mereka.

Adegan mengharukan terjadi saat Aliang meminta maaf pada Beno karena ia akan mengelar pertarungan terakhirnya. Namun Beno yang marah dan kesal tidak menanggapi permintaan maaf Aliang. Sangat mengharukan. Ending-nya juga sempat mengecoh. Pokoknya seru.

Warna merah gue pasangkan pada cara bagaimana mendeskripsikan adegan tinju atau perkelahian yang menurut gue nggak begitu detail. Jadi gue tidak mendapatkan rasa sedang berantem seperti sungguhan. Padahal kalau adegannya diceritakan detail seperti adegan perkelahian di novel Digitarium-Baron leonard atau adegan pertaningan bulutangkis di novel 2-Donny Dhirgantoro, Sang Dewi akan sangat memikat.

Oke, terlepas dari warna merah tadi, gue mendapat pesan bagus dari novel ini agar tidak berhenti berjuang dengan impian. Setidak mungkin apapun impian kita, seterbatas apapun impian kita, kita harus memperjuangkannya dengan lebih keras. Dan buku ini pas untuk pembaca yang suka nonton film.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar