MERAH ITU CINTA - FX RUDY GUNAWAN


MERAH ITU CINTA
FX RUDY GUNAWAN
GAGAS MEDIA

Percintaan Raisa dan Rama harus berakhir saat Rama kecelakaan dan meninggal. Raisa adalah orang yang peling terluka atas kejadian ini. Beberapa hari pasca kematina Rama, Raisa berubah menjadi sosok yang kacau banget. Raisa mengabaikan pekerjaan, kesehatan, jam tidur dan semua rutinitasnya. Melihat kondisinya Raisa membuat Fanny sebagai sahabat merasa prihatin. 

"Jangan ngerasa penderitaan lo paling hebat atau paling unik, deh Cha. Kehilangan orang yang kita cinta itu penderitaan paling umum, tau! Semua orang juga pernah ngalamin, kalau pun belum, pasti akan ngalamin juga suatu hari." Hal. 51.

Ternyata bukan saja Raisa yang menderita kehilangan Rama. Aria sebagai sahabat Rama sejak kecil pun merasakan kehilangan dan terluka yang sama. Bahkan lebih dari yang dirasakan Raisa. Aria pun mencari sisa sosok Rama dari semua yang ia tinggalkan termasuk di diri Raisa. Namun setelah mengenal Raisa, Aria justru bingung dengan dirinya sendiri. Rahasianya yang paling dalam mengharuskannya membuat pengakuan kepada Raisa. Semuanya karena Aria ragu dengan perasaannya pada Raisa. Sementara ia sadar betul kalau dirinya adalah gay.

Gue cukup terkejut dengan kenyataan jati diri Aria. Karena di awal-awal, penulis sama sekali tidak memberikan bocoran tentang Aria ini. Hanya ada disebutkan kalau Aria adalah sahabat sejak kecilnya Rama. Lalu kecurigaan Raisa akan foto Rama yang tersenyum bahagia mulai menuntun pembaca pada sosok Aria.

Tema Merah Itu Cinta adalah percintaan yang rumit. Berkat penceritaan yang manis, gue sangat menikmati alurnya. Tapi mungkin karena novel ini adalah adaptasi dari film yang dirilis pada tahun 2007 (info film silakan klik disini), kesannya ceritanya disingkat mirip filmnya. Akibatnya karakter dari tokoh-tokohnya; Raisa, Rama, Aria dan Fanny, tidak tergali dengan lebih dalam. Hasilnya, usai membaca tuntas novel ini, tidak ada kesan untuk tokoh-tokoh sentralnya. Sayang banget bukan?!

Terlepas dari kurang tergalinya karakter tokoh, gue masih mengacungkan dua jempol untuk cover novel yang ciamik banget. Covernya sendiri mengambil gambar poster filmnya. Dan hasilnya sangat keren.

Terakhir, novel ini direkomendasikan untuk pembaca yang ingin membaca kisah percintaan tidak biasa.

:) :) :) 

Share:

3 komentar:

  1. min punya scan novelnya gak??? Kalau ada tolong kirim ke email saya ya... nanti saya transfer Rp.50 ribu gmn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. septyanayohanesandesna@gmail.com

      Hapus
    2. septyanayohanesandesna@gmail.com

      Hapus