Love Bites - Edith PS

Vania: “Percayalah, kalau diijinkan memilih, aku ingin menghabiskan sepanjang hariku di sofa, menonton DVD komedi keluarga Modern Family sambil menikmati sundae dan bercengkrama dengan Cherish. Sayangnya…”

Ivan: “Ini bukan tentang gue mengerti atau tidak soal pekerjaannya, tapi tentang bagaimana seorang suami menjadi sandaran bagi istrinya yang butuh pendengar. Gue ingin bisa diandalkan olehnya.”

Apa yang terbayang saat mendengar fenomena Alpha Wife dan Beta Husband? Tentang bagaimana pernikahan diusahakan ketika terjadi pertukaran peran antara suami dan istri. Tentang dominasi istri-dari segi financial dan pengambilan keputusan-dan peran baru laki-laki sebagai stay-at-home husband.

Selamat datang di kehidupan Ivan dan Vania. Pasangan muda dengan satu anak perempuan berusia lima tahun, yang dipenuhi beragam dinamika pernikahan kaum urban di era modern: gaya hidup, stigma social, kodrat, idealism, skala prioritas, inferioritas, pelarian… sampai akhirnya keduanya yang semula mempermasalahkan perbedaan, yang awalnya diyakini menyatukan mereka, mulai saling menyalahkan.

In fact, love is not that blind. It even bites!



Judul buku: Love Bites
Penulis: Edith PS
Editor: Veronica B. Vonny
Desain sampul: Marcel A. W
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: 2014
Tebal buku: 200 hlm
ISBN: 9786020309446

Sekalipun saya menyukai novel Metropop yang merupakan lini dari Gramedia, saya masih harus berhati-hati memilih novel yang saya comot. Beberapa pengalaman sudah membaca Mteropop ini, bisa dibilang saya masih beruntung menemukan novel dengan cerita yang menarik. Termasuk saat saya memutuskan membeli Love Bites ketika itu saya juga menginginkan novel Metropop yang lain.

Saya tertarik memilih novel ini karena pengantar novel di sampul belakangnya yang menarik. “Pertukaran peran” antara suami dan istri dalam rumah tangga menjadi sorotan utama. Konflik seperti ini belum pernah saya temui di beberapa novel yang sudah saya baca. Sehingga novel ini menjadi hal baru buat saya.

Sepanjang mengikuti cerita Love Bites ini, saya kadang dibuat jengkel oleh perangai Vania yang bossy banget dan kepatuhan yang ditunjukan Ivan. Tapi sikap dan karakter mereka justru terasa sangat nyata. Berimbang dengan perasaan mereka yang manusiawi ketika kondisi mengharuskan mereka untuk berpikir pakai hati.

Paling gemes ketika Ivan menjual mobil untuk membuka usaha tapi dia merahasiakan dari istrinya, Vania. Menilik tindakannya, saya juga tidak setuju dengan tindakan Ivan. Vania itu istrinya. Mereka tidak sedang pacaran dan bisnis (pekerjaan) bukan hal remeh temeh yang patut dijadikan kejutan. Bisnis (pekerjaan) adalah hal vital yang masuk salah satu topik diskusi antara pasangan suami istri. Dan tindakan Ivan ini menurut saya lebay.

Terlepas dari kelebayan Ivan, saya sangat bersyukur sudah membaca novel ini. Banyak sekali pelajaran dalam rumah tangga yang saya dapat dan beruntung pembaca diingatkan akan beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan dalam kehidupan berrumah tangga. Keseluruhan, novel ini penting dibaca untuk yang mau dan sudah berrumah tangga.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar