... Jangan Pernah Padamkan Harapan, Jentik Jen(t)aka Cinta by Salman Aditya

Judul buku: Jentik Jen(t)aka Cinta
Penulis: Salman Aditya
Editor: Alodia Yovita
Penerbit: Elek Media Komputindo
Terbit: 2014
Tebal buku: xiv + 186 hlm
ISBN: 9786020249834

Ini buku pertama dari Salman Aditya yang saya baca. Anggap saja sebuah perkenalan. Dan sesuai judulnya, Jentik Jen(t)aka Cinta, cerita di dalamnya pun lucu, kocak, dan konyol.

Awalnya saya kira buku ini seperti buku kumpulan cerita komedi seperti buku Raditya Dika. Tapi ternyata TIDAK SAMA. Ini murni NOVEL yang mengambil tema cinta komedi. Di dalamnya ada jalan cerita / plot yang dikemas apik dengan plot maju dengan banyak bumbu humor yang menggelitik yang membuat pembaca, termasuk saya, betah melahap lembar demi lembar hingga halaman terakhir.

Jentik Jen(t)aka Cinta mengisahkan pemuda bernama Aditya Safari yang sedang bergumul mewujudkan mimpinya di dunia entertainment. Diceritakan kalau Adit ini sudah sering banget ikutan casting di beberapa produksi TV. Namun dewi fortuna belum memihak kepadanya. Sampai pada suatu hari, Kang James – kenalannya- menjadi sumbu masa keberuntungannya. Adit terpilih menjadi pemeran utama sebuah produksi film bergenre horor. Selain dirinya, film ini juga kelak dibintangi Maudy Ayunya dan Miharu Ozawa, dua artis ini termasuk artis favorit Adit. Otomatis daftar keberuntungannya bertambah.



Sepertinya sebuah novel yang dikarang tanpa ada bumbu cinta, novel itu akan terasa hambar saat dinikmati. Salman pun mengikuti latah ini. Dia mengubek cerita komedinya dengan mencampurkan aroma cinta yang penuh tebak-tebakan. Selama membaca alur cerita novel ini, saya terus menebak, Adit ini akan jatuh cinta dengan siapa? Dengan Maudy Ayunya atau justru dengan Miharu? Dan ending-nya, LUAR BIASA.

Yang menarik dari Jentik Jen(t)aka Cinta ini, pembaca akan diberikan motivasi untuk segera bangkit dari mimpi. Aditya berusaha move on dari hidupnya yang belum juga mapan. Dan Salman mengemas pesan moral ini dengan sangat baik, tanpa menggurui. Maka Jentik Jen(t)aka Cinta bisa dibilang komplek manfaat. Pesan cinta ada, pesan moral juga ada. Menarik, bukan?

Dengan backround dunia produksi film, pembaca juga akan mendapatkan beberapa istilah perfilman yang mungkin selama ini tidak pernah diketahui. Mulai dari pengambilan gambar, hingga proses syuting sebuah film.

Perkenalan pertama ini, bagi saya tidak mengecewakan. Saya justru berharap bisa mendapatkan kesempatan mencicipi sajian novel Salman lainnya, ada tiga judul yang sudah lebih dulu beredar; Sake!, High In School dan Sialan Salman!.


#Selamat Membaca!


Share:

0 komentar:

Posting Komentar