...Tidak Ada Hujan Yang Tak Reda, Friends Don't Kiss by Syafrina Siregar

Judul buku: Friends Don't Kiss
Penulis: Syafrina Siregar
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: 2014
Tebal buku: 208 hlm
ISBN: 9786020310787

Ini kisah tentang cinta yang dibalut konflik latar belakang. Pertanyaan utama, 'Selemah itukah cinta hingga latar belakang menjadi halangan?' Dan Syafrina merunut kejadian demi kejadian yang menuntun dua tokohnya; Mia dan Ryan, untuk jatuh cinta.

Tabrakan di parkiran menjadi satu momen persinggungan antara Mia dan Ryan. Berkat kejadian itu, cinta pada pandangan pertama pun tumbuh seperti kecambah, di benak Ryan. Mulailah Ryan melakukan serangkaian pendekatan untuk mendekati si gadis pujaan. Namun, fakta dirinya yang seorang pemilik bisnis susu formula menjadi gumpalan kegamangan keberlangsungan hubungan mereka akan berakhir di mana.



Benar. Profesi Ryan memang bertolak belakang dengan profesi Mia yang seorang konselor ASI. Ya, Mia memang gencar mendidik para ibu muda untuk memberikan ASI pada anaknya dan sebisa mungkin menghindari pemberian susu formula. Dan kenyataan ini jelas mewarnai hubungan keduanya. Hingga pada suatu hari fakta itu terungkap, Mia dan Ryan harus saling berjauhan.

Bagaimana hubungan mereka selanjutnya pasca rintangan itu berdiri tegak di antara keduanya?

Ini BUKAN NOVEL BIASA. Kenapa? Novel ini penuh pengetahuan dan informasi penting mengenai bagaimana memperlakukan bayi hingga kebutuhannya 6 bulan setelah lahir. Salah satunya adalah betapa penting memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.

Informasi yang disampaikan dikemas melalui drama antara Mia dan adiknya yang baru saja melahirkan, antara Mia dan klien dan diskusi Mia dengan Ryan sebelum Mia tahu latar belakang Ryan. Informasi yang paling banyak disebut mengenai Inisiasi Menyusui Dini (IMD), perlakuan rooming untuk ibu dan anak yang baru dilahirkan, kandungan ASI (Kolostrum, AA, DHA), dan disebutkan pula beberapa peraturan mengenai pemasaran susu formula.

Selain informasi kesehatan, pembaca pria akan diingatkan bagaimana memperlakukan perempuan dengan baik. Dikatakan kalau perempuan sangat tidak suka dipaksa. Dan pesan untuk memperlakukan wanita dengan sangat sopan terceritakan dengan cukup jelas.

Oya, judul buku ini menarik karena diambil dari salah satu adegan buku ini -ketika Ryan mencium Mia-, namun ada penyangkalan -Ryan menyebut hubungan mereka teman-. Dan secara keseluruhan, judul ini sudah sangat mewakili ceritanya.

Saya juga menemukan beberapa kesalahan cetak:

Ng.. suamiku nggak setuju….oleh dokter anaknya.” / “Ng.. suamiku nggak setuju….oleh dokter anaknya.” Hal.104

… mendengarkan MIa. / … mendengarkan Mia. Hal.126

… beli susu susu formula?” / … beli susu-susu formula?. Hal.146

KepMenKes No.273 tahun 1997. Hal. 66 / KepMenKes No.237 tahun 1997. Hal. (Entah yang benar yang mana)

Saya juga punya kalimat favorit : “Jika kamu sungguh mencintaiku, kamu akan memberi kebenaran, Ryan. Dan tanpa diminta.” Hal.174

#Selamat Membaca!!
Share:

2 komentar:

  1. Sepertinya untuk pembaca muda dan bagus kalo di dalamnya banyak pengetahuan yang memperkaya wawasan. Judul dan covernya juga keren....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah kurang suka sama kovernya

      Hapus